Sabtu, 10 Desember 2016

Anike Pratiwi


Assalamualaikum. Wr. Wb

Haloo perkenalkan dulu Nama lengkap aku Anike Pratiwi.
 

Kalo nama dirumahku "Keke" nama disekolah dan kalangan temen kadang "anike" kadang juga "nike" faktanya aku paling benci di panggil "ani" dan "mba"  ya kalo ani kaya serasa ada di buku SD wkwk dan mba kaya panggilan orang jawa kan.

Nyatanya aku orang palembang dan paling seneng di panggil cantik! Eh salah.. "Ayuk" maksudnya hehe karna jelas aku bangga jadi orang palembang! Yow..
 

Dan Aku adalah ayuk tertua di dalam rumahku yaa tua tapi enggak tua-tua ametlah, hiks.
Aku adalah Anak ke 2 dari 5 bersaudara yang lahir pada 25 November 1998 walaupun aku lahir bertepatan dengan hari Guru tapi percayala cita-citaku enggak ada sangkut pautnya dengan guru.


Ya tapi aku akan menjadi guru terbaik untuk anak-anakku kelak hehe Aamin. 


Aku di besarkan di kota tercinta yaitu Palembang dan tepatnya di jalan batu Dua No.818A RT.31 RW.06 Kelurahan 13Ulu Kecamatan Seberang Ulu II, dah tu lengkap deh siapa tau mau kerumah bawa orang tuanya eh nggak ding wkwk.

Terusss ada yang mau tau hoby ku? Yaaa pengen tau aja ya biar aku seneng hehe. Jadi hoby ku itu banyak loh  dan yang pertama itu hoby makan wkwk. Yakali ada yg enggka seneng makan mati aja deh *Booms! Terus yang kedua hoby nya aku itu travelling  ya walaupun masih awam tp aku bertekad bakal mengelilingi Indonesiaku dan duniaku yeay dan yang ketiga itu berorganisasi so pastilah karna di organisasi hidupku lebih terOrganisir dengan baik dan benar! Watata..

Terus cita-citaku menjadi orang kaya haha malah nyanyi *ehm fokus.
 

Jadi cita-cita ku masih ada kaitannya sama hoby aku tadi yaitu aku ingin menjadi Pengusaha sukses yang mempunyai rumah makan bisnis travel biar aku bisa keliling dunia dengan usaha ku sendiri dan semua itu akan terstruktur rapi karna penglaman di Organisasiku hehe nyambung nggak? 

Sambung-sambungkan saja yakan dari pada putus ntar sakit wkwk dan mari kita aamin kan sama-sama! Come on, say to Aamiin!!! Wkwk Cukupsss~
 

Dan sekarang lanjut ke cerita perjalananku di IPM

Mau cerita nih, jadi awal aku kenal IPM  itu waktu pertama masuk di sekolah SMA yang tidak sengaja aku sekolah disitu. Tidak sengaja kenapa? Karna waktu itu orang tua ku masih ingin aku bersekolah di negeri sampai akhirnya aku sekolahkan di dekat rumahku dulu karna berpikirnya cuma sebentar sekolah disitu hehe tapi takdir berkata lain.. 
Aku sudah di jodohkan bersekolah disitu dan Kenal dengan IPM!

Yaps singkat cerita aku di kenalkan IPM oleh teman Facebook ku (yang dulu lagi boomingnya facebok) dan ternyata dia itu adalah kakak kelasku yang sudah menjadi Alumni pada tahun itu (Yadi Febri) dan pada saat itu kakanda yadi lagi aktif-aktifnya di IPM sekarang udah alumni, hiks! Yahh yang dulu niatku ikut IPM cuma iseng dan ikut-ikutan doang karna di iming-iming kan bisa jalan-jalan ke keluar kota karna dulu aku belum pernah sama sekali pergi keluar kota hehe. Tapi Pada akhirnya pun aku merasakan jatuh cinta pada IPM dan Muhammadiyah.

Dan yang dulunya aku anti banget sama Muhammadiyah menjadi cinta banget sama Muhammadiyah... that's cause IPM, IPM mengajarkan banyak hal!

Perjalanan ku di IPM sangatlah panjang di mulai dari kelas 10 di semester ke 2 aku sudah di percaya menjadi Bendahara Umum periode 2013-2014 di PR IPM Sma Muhammadiyah 3 dan pada tahun yang sama juga aku di percayai menjadi Anggota PIP di PC IPM SUII/Plaju. Jabatan yang aku emban kemarin bukanlah hal yang mudah karna pada dasarnya aku masih terbilang baru dan muda tapi alhamdulillah mereka semua sudah mempercayaiku untuk menjabat di ranting dan cabang tersebut.
 
Pertama kali aku mencoba untuk mengisi materi juga pada tahun 2013 tepatnya di Smk Muhammadiyah 2 pada saat Tourba PC IPM  Seberang Ulu 1 dan PC IPM Seberang Ulu 2 yang waktu itu aku masih gemeteran masih ngasih materinya baca pake buku tapi aku tetap percaya diri karna dorongan dari kakandaku Yadi Febri yang membawa ku Di IPM ini. Karna beliau juga lah semangatku di IPM sampai saat ini ada. Banyak jasanya yang luar biasa untuk kemajuan ku sekarang, Btw terimakasih untuk kakandaku terkasih Yadi Febri !
 
Yups dan di tahun 2014-2015 aku di percayakan lagi oleh teman-teman seperjuangan untuk menjabat menjadi Ketua Umum PR IPM Sma Muhammadiyah 3 Palembang. dan di tahun 2015-2017 kami mengalami Musycab ulang karna kepemimpinan sebelumnya ada masalah dan alhamdulillah aku di percayakan Menjadi Bendahara Umum PC IPM SUII/Plaju dan sampai pada Tahun 2016 aku masuk di kepemimpinan Daerah dan menjabat sebagai Ketua Bidang ASBO di PD IPM kota Palembang periode 2016-2018.

Di IPM ini juga lah aku tau semua tentang dinamika organisasi yang menurutku luar biasa pasang surutnya konflik bersama sahabat dan yang luar biasanya mendapatkan keluarga yang solidnya mantap! Btw Alhamdulillah selama tiga tahun ini cita-cita awalku tercapai juga yaitu jalan-jalan keluar kota hehe.

Yang pertama itu kalo nggak salah ke Muktamar 19 IPM di Jakarta 2014. Terus yang ke dua ke lampung jalan-jalan pasca muktamar sekalian pulang ke palembang (pertama kalinya aku ke pantai hehe). Terus ke tiga ke OKI, ketemu bapak Amien Rais. Yang ke empat ke Sekayu, Musywil IPM. Yang ke lima ini nih yang paling berkesan dan yang paling jauh yaitu ke Samarinda Kalimantan Timur di acara Muktamar 20 IPM November 2016 (pertama kalinya aku naik pesawat) IPM sudah memberikan aku banyak hal dan akupun harus memberikan yang terbaik untuk IPM tercinta ini.

Dannnn... Pengalaman paling behargaku itu ketika bisa ngumpul ketemu sahabat ngobrol, curhat, tukar pikiran, diskusi, dengan IPM se-Indonesia. Yang biasanya cuma ngobrol via medsos tapi di Muktamar lah kita  bisa ketemu langsung rasanya ituloh...kaya ada yang manis-manisnya gitu! Wkwk .
Oh ya.. Untuk karya? Kayanya kalo untuk aku sendiri belum menciptakan yang menurutku luar biasa banget tapi setidaknya aku Pernah membuat orang tuaku bangga terharu waktu saat bulan Februari 2016 yaitu pada saat aku Mengkritik pak Wali Kota Bpk Harnojoyo melalui Instagramnya karena di dekat rumahku banyak tumpukan sampah dan alhamdulillah nya langsung di tanggapi oleh bapak Walikota sampai bapak walikota langsung datang ke lokasi dan mencari aku hehe  dan lebih wow nya lagi Berita itu sampai Masuk berita Nasional dan sampai sekarang banyak yang mengikuti caraku untuk melaporkan setiap keluhan di medsos alhamdulillah. Aku sudah berusaha menjadi Pelopor yang baik sesuai dengan tujuan IPM!

Ohya di IPM ini aku juga banyak mengikuti Pelatihan terutama Pelatihan Kewirausahaan yang membawaku ke cita-cita besarku sekarang ini yaitu pengusaha muda. Aku sudah memulai usaha di kelas 11 SMA yaitu berjualan pempek di skolah yang berkerjasama dengan kakanda Yadi Febri tapi akhirnya stop di tengah jalan karna di marah ibu kantin katanya karna aku jualan pempek dagangannya sepi hihi sedih ya guys rejeki mah masing-masing bukan? Wkwk tapi sudahlah aku juga nggak mau cari masalah di skolah jadi aku berhenti jualan pempek. Terus aku lanjut jualan pulsa dan aku pun stop lagi karna banyak yang hutang nggak bayar heheh. 

Lagi lagi aku mencoba usaha yaitu jualan tas branded yang peminatnya orang dewasa yang beli yah guru-guruku cuma aku stop (lagi) karena minatnya nggak banyak modalnya cukup besar dan juga tempatnya jauh waktu itu aku belum ada kendaraan jadi aku pikir nanti aja dan terakhir aku iseng mencoba mensewakan GoPro Hero 4 punya kakakku, ide terbesit saat kakakku mensewakan gopronya ke temennya yang lagi liburan yaudah aku coba aja iseng dan Alhamdulillah banyak yang minat modal pun telah kembali dan inshaallah berkembang bahkan sampai saat ini sudah nambah satu unit Kamera Dslr Nikon D90. 

Yups disini langkah awalku untuk maju. Lagi-lagi-dan lagi ini karna IPM-kuh. Yang mengajarkan aku untuk menjadi Wirausahawati yang sukses! 

Terimakasih Ikatankuh Organisasikuh Cintakuh~ IPM 
 
Udah gitu aja dulu yah...perjalananku di IPM utk sekarang sampai situ dulu tapi tunggu aku 3-5 tahun kedepan aku pastikan aku akan menggoncangkan jagat raya IPM bahkan Dunia! 

Wahahahaha bye~





Nuun Walqolami Wama Yasthuruun
Wassalamualaikum. Wr. Wb

2 komentar: